• PDF

INSEMINASI BUATAN

Penilaian Pengunjung: / 67
TerjelekTerbaik 
  • Jumat, 17 April 2009 12:06
  • Ditulis oleh Augustinus Simanjuntak
  • Sudah dibaca: 47317 kali
Setiap pasangan suami isteri pasti mengharapkan hadirnya seorang atau beberapa orang anak sebagai buah hati perkawinan mereka.

Namun tidak jarang sebuah perkawinan tak kunjung mendapatkan sesosok anak yang diidam-idamkan selama perkawinan. Banyak faktor tentunya yang menyebabkan suatu pasangan suami isteri tidak kunjung mendapatkan turunan, misalnya gagal rahim, mandul, dan lain-lain.

Banyak pula pasangan perkawinan menempuh berbagai cara untuk mendapatkan anak. Misalnya; adopsi, inseminasi buatan, dan bayi tabung. Inseminasi buatan adalah konsepsi (pembuahan) terhadap sel telur oleh sperma hasil para donor yang disimpan di laboratorium.

Robert T Francoeur dalam bukunya berjudul:"Biomedical Ethics" mengungkapkan bahwa setiap tahun 30.000 s/d 40.000 bayi lahir di Amerika hasil inseminasi buatan. Di mana sel sperma yang ditabung itu tidak lagi jelas siapa pemiliknya (anonim).

Persoalan yang muncul dari hasil-hasil inseminasi ini antara lain: bagaimana hak anak untuk mengetahui ayahnya yang sesungguhnya, hak untuk mengetahui latarbelakang ayahnya, dan bagaimana hak sang donor untuk dirahasiakan identitasnya, termasuk terhadap anak yang dihasilkan dari pembuahan oleh sel sperma sang donor.

Persoalan lebih rumit lagi terjadi ketika sepasang remaja mengumumkan rencana perkawinan mereka. Namun dokter yang menginseminasi mereka mengetahui rencana perkawinan mereka, dan akhirnya mengumumkan bahwa 20 tahun lalu mereka berdua adalah hasil inseminasi dari donor yang sama. Sungguh kacau dan menyedihkan bukan? (Francoeur, 1977, hal. 207).

Menyikapi aktivitas inseminasi dan problema-problema yang muncul sebagaimana diuraikan di atas, nampak bahwa upaya manusia memang seringkali melangkahi kodratnya sehingga menimbulkan kekacauan.

Anak adalah buah hati kasih sayang dan cinta antara dua pasangan yang diikat oleh sebuah perkawinan yang sah menurut hukum Tuhan maupun hukum manusia. 

Dikaji dari sudut iman Kristiani, apa bedanya inseminasi buatan dengan punya lelaki simpanan? Apa bedanya inseminasi buatan dengan zina? Sebab, sungguh ironis kalau sampai ada pasangan suami-isteri yang kawin secara sah menurut ajaran Tuhan, tapi anaknya berasal dari lelaki lain (sel sperma yang ditabung di laboratorium). Dan sungguh suatu kebohongan besar apabila pasangan suami istri itu menyembunyikannya hingga si anak besar dan bahkan selamanya tidak diberitahu bahwa ia adalah hasil inseminasi. Sungguh tak terbayangkan apa yang terjadi pada diri si anak kalau suatu waktu ia tahu bahwa ayah aslinya adalah orang lain. Bisa sangat menyedihkan. Dilematis bukan?. Memang kehidupan tanpa otoritas pasti mengarah pada kekacauan.

Oleh karena itu, biarlah kita taat pada otoritas tertinggi, yaitu Firman Tuhan, khususnya mengenai perkawinan, bukan sekedar memenuhi keinginan kita sebagai manusia. Karena Allah tentu punya rencana yang indah atas setiap perkawinan yang berkenan di hadapanNya.
Komentar-komentar
Tambah Baru Cari
dweend   |118.96.74.xxx |05-11-2009 01:44:35
info y kraNg lengkap sharus y jgn itu sja.........
echa  - comment     |125.167.177.xxx |21-02-2011 22:08:37
ije ngalih inseminasi buatan?????????????
totoji   |222.124.3.xxx |18-03-2011 19:05:49
ya benar itu , ,
naa  - pengertian inseminasi buatan   |125.163.102.xxx |11-11-2009 20:40:02
aiii .
mauu nnyaa , pngertiaan inseminasi buatan tuch appa c ??
naa gag
ngertiiii euy !


lz scepaddnyaa .
Juli  - penegrtian inseminasi buatan   |125.163.248.xxx |12-11-2009 16:54:31
inseminasi buatan merupakan metode untuk meletakan sperma di dalam rahim secara
buatan (tidak alami). Caranya bisa dengan menggunakan gun inseminator, dengan
kateterisasi dsb. Prinsipnya, mengupayakan cara alternatif selain cara alamiah
agar sperma bisa berada di dalam rahim.
Elvy   |182.4.98.xxx |05-12-2010 00:50:19
apa cee keuntungan dan kerugian dari inseminasi buatan n apaka inseminasi bisa
dilakukan anatar hewan yang laen jenis sperti kambing dan sapi
Yery  - Jawaban pengertia inseminasi buatan     |64.255.180.xxx |20-11-2009 15:07:55
Inseminasi buatan adalah kawin suntik dengan memasukan sperma ke alat reproduksi
betina dengan menggunakan alat suntik. tujuannya untuk meningkatkan mutu genetic
ternak pd ternak. Pada manusia dilarang inseminasi ntar bisa kacau he..
inseminasi buatan itu beda ama bayi tabung.
lydie   |114.59.110.xxx |10-02-2010 22:10:20
Quote:
kurang lengkap tuh,,, biasanya,, internet kan lengkap,, klo dsruh cari
artikel yang banyak kan jadi susah,,, hehehehe... xixixixixixi
 
4_703     |110.138.239.xxx |11-02-2010 23:14:16
Makasih ya buat informasinya....
ajengg  - gittu   |110.139.93.xxx |25-02-2010 01:56:01
eumppp
koo keaa gnii yiiaa
pisstt
Rosadah Ulfa   |118.136.34.xxx |02-03-2010 19:47:19
Kurang lengkap nehhh .
aku ada tugass suruhh cari tntang inseminasi buatan .
tapiii susuh nyari'a
icha_huhuy   |125.163.244.xxx |22-03-2010 03:30:53
artikelnya kurang lengkap g asik.......
jadi gak lengkap dan susah tugasnya..
si Toyut  - Heran gw ;(   |125.163.248.xxx |22-03-2010 17:36:11
Lha pada ribut artikelnya gak komplit, kan emang ini bukan situs perhewanan
atau biologi atau semacamnya.

Kalo punya tugas gitu, coba cari
di situs lain atau baca buku yang tepat!


rosidah  - perbedaan antara inseminasi buatan dan bayi tabung   |125.166.227.xxx |19-04-2010 20:42:14
hallo....
apa sih perbedaan antara bayi tabnung dengan iseminasi
buatan?
karena bayak yang berpendapat inseminasi buatan dan bayi tabung sama.
nabilla..asna  - salah judul tuh..   |203.130.254.xxx |29-04-2010 15:21:28
hmmm klo cuman yg begituan seh dah banyak yang tau... resiko dan dampak
buruk dari inseminasi buatan itu apa...
yang gw mau itu pengertian
dan cara melakukan inseminasi buatan....  
chandra   |110.138.207.xxx |16-09-2011 19:38:55
huh pengertian ib ada di buku agribisnis ternak ruminansia jilid 2 jadi bisa di
download
meymey  - sperma asli suami   |125.160.230.xxx |24-05-2010 23:26:54
mau nanya nih ,bukanya inseminasi itu spermanya asli punya suami??,apa iya
inseminasi itu sperma orang??
theresia  - Setau aku juga asli   |118.137.234.xxx |25-03-2011 21:43:46
Setau aku juga pake sperma suami asli terkecuali si suami tidak menghasilkan
sperma sama sekali. Baru membeli sperma donor.
rifca   |110.138.210.xxx |29-07-2011 01:55:41
ualh kok gk enk to pengrtiane inseminasi buatan'e....??
rasya  - pilih buku   |110.138.194.xxx |16-10-2010 18:59:03
buku apa ni yang lengkap ngebahas inseminasi buatan........?? artikelnya kurang
lengkap bangettt...
Anonymous   |122.24.124.xxx |22-10-2010 05:35:50
apa bedanya inseminasi & bayi tabung?????
hiifzon  - mao nanyya ndutt     |118.96.24.xxx |28-10-2010 03:21:40
appa yangg dii makksud ddgn insemisasi buattan...
dannn appa perbeddaannya dgn
bayii tabuung??????????//
arie  - kok binun ya???   |110.139.15.xxx |02-11-2010 22:27:06
padahal saya lg binun cari penjelasan yg benar tentang ensiminasi kok malah yg
ada penjelasan ini...
susah banget ya cari penjelasan yg terperinci tentang
ensiminasi ini??/
rira  - tanya nih..   |202.70.59.xxx |09-11-2010 01:41:24
keuntungan sama kerugiannya apa yaa?
tenks
lisna sukma dewi   |118.98.172.xxx |29-12-2010 15:15:55
Brapa lama kah proses inseminasi buatan itu???????
Vinta  - Tanya   |222.124.156.xxx |06-01-2011 00:31:22
kAwin sUntik ttuh pha che,,,
g' ngerti nich aq
Tantii  - Saran   |222.124.156.xxx |09-01-2011 01:18:15
Materinya kuranG LenGkp....
aq kecuLittan cAri materinya nie
yemima   |118.137.202.xxx |10-01-2011 00:09:55
kok ga ada pengertiannya si?? bete nih
lynaa   |180.214.232.xxx |11-01-2011 12:06:12
Inseminasi buatan (pd manusia) adlh proses peletakan sperma pd alat reproduksi
wanita tanpa melalui hubungan sexual.
Macam2
inseminasi:intrafollicle,intrafallopian,intrauteri n,intracervical.
Cara dg
memasukkan sperma yg telah dicuci kedalam rahim melalui kateter.
Di indonesia
hrs pake sperma suami sendiri, sebab kalo bukan,haram hukumnya.
inndd_thand  - tahapannya   |110.137.8.xxx |23-01-2011 22:27:25
apa jah tahapan" dlm pemb inseminasi buatan??????
ZiieVana  - inseminasi buatan   |180.246.239.xxx |17-02-2011 02:01:52
ahh susah cari proses inseminasi buatan
sun   |120.29.156.xxx |18-02-2011 21:44:54
kalau sperma suami gk bagus ..apa bisa berhasil ???
JULI   |125.167.177.xxx |21-02-2011 21:57:46
gcx lach....
tu artinya si cwo mandullll tau???????
catty  - susahhhh......   |125.162.76.xxx |23-02-2011 05:11:47
ssah bgt cri mteri tntng insmnsi bwtn...
ckckck.....
era  - inseminasi tidak selalu dr sperma yg ditabung   |223.255.224.xxx |05-03-2011 22:20:01
inseminasi tidak selalu dari sperma orang lain. dari pasangan kita jg
bisa....... so tidak perlu khawatir.
andi   |222.124.156.xxx |13-03-2011 23:30:23
inseminasi buatan itu bukan untuk manusia tetapi untuk hewan ternak.
panjoel   |202.152.243.xxx |03-04-2011 18:32:22
taw nih aturan pENGERTIAN TYUZ CARANYA gtu  
andya   |125.164.226.xxx |22-04-2011 15:01:20
wah2
dewi   |180.214.232.xxx |13-05-2011 06:53:20
sy nenikah sudah 6 tahun sy blm punya anak ..sy mau tanya klo inseminasi itu apa
resikonya dn sy mau tanya klo inseminasi itu total habis biya nya berapa ya
..mohon infonya ...terima kasih..
iisa   |125.162.242.xxx |18-05-2011 05:53:31
butuh biaya berapa untk inseminasi
Nelson Dermawan Hulu  - Inseminasi Buatan   |114.79.51.xxx |30-09-2011 17:01:39
Bagi setiap pasangan yang sudah menikah, anak adalah augerah dan titipan oleh
Tuhan. Seharusnya pasangan suami istri harus bisa menerima pemberian Allah
kendatipun Tuhan masih belum memberikan anak di tengah-tengah keluarga. Mari
tetap menunggu Janji Tuhan di tengah-tengah keluarga tanpa harus melakukan
hal-hal yang membuat kita menyesal dan dihantui rasa bersalah jika melakukan
inseminasi.
aghan  - inseminasi buatan   |182.10.66.xxx |06-11-2011 22:50:43

inseminasi sebaiknya jngan di lakukan untuk manusia...itu hanya
untuk ternak...!!!!!
nur syahirah   |60.54.63.xxx |28-12-2011 00:17:40
saya kurang faham la...macam mana seseorang yang belum kahwin tetapi mengandung..?katanya tersalah inseminasi
smartwoman   |203.127.42.xxx |01-02-2012 19:12:30
Informasi ini sangat jauh dari lengkap.. (kacau nih).. bisa memperbodoh orang..
mungkin di luar negeri inseminasi buatan itu dari donor sperma. tapi ga cuma
itu. inseminasi pada manusia bisa membantu pasangan2 yang sulit untuk mempunyai
anak, yaitu dengan menyuntikkan sperma suami ke dalam rahim istri (sama aja
dengan penetrasi,tp dibantu dgn alat). untuk keadaaan2 tertentu yang menyebabkan
sperma sulit mencapai ovum dengan cara normal. gitu looh..jadi inseminasi buatan
itu ga buruk... banyak ko pasangan2 yang terbantu dan akhirnya bisa memperoleh
keturunan dengan cara tersebut.
dessy sintia  - usulan   |125.162.116.xxx |16-02-2012 23:22:47
kurang lengkap nih kalo untuk buat makalahnya... di perlengkap
sedikit dongs tentang inseminasi buatannya !
yenni  - IB   |125.162.3.xxx |13-03-2012 18:57:46
sharusnya IB diterapkan pada Hewan Ternak.... Bukan pada manusia.....
Lorita itha  - inseminasi buatan   |182.5.85.xxx |27-04-2012 20:13:49
asuhan apa saja yang di berikan kepada ibu yang baru saja melakukan tindakan
inseminasi....thank's
Amelia  - Love   |112.215.36.xxx |06-09-2012 06:20:10
Apa pengertian dari Kawin suntik ?
rivan   |114.79.12.xxx |28-07-2012 23:01:57
kurang lengkap gannnnnnn
fazari   |125.166.232.xxx |04-10-2012 16:58:06
ngg sesuai yang diharapkan.
Tulis komentar
Nama:
Email:
 
Website:
Judul:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Masukkan kode anti-spam yang terbaca pada gambar di atas!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."