MENJADI GEREJA PEMBUAT MURID (BAGIAN 7)

grejabuatmuridMENGATASI DEPRESI

Langkah-langkah Mengatasi Depresi

Pemulihan dimulai dengan mengatakan, “Saya mempunyai masalah dan saya membutuhkan pertolongan.” Ada jawaban-jawaban yang memadai untuk depresi, tetapi Anda harus ingin sembuh dan bersedia melakukan apa saja yang harus dilakukan untuk itu. Kunci untuk segala kesembuhan adalah komitmen. Saya menawarkan urutan langkah-langkah yang logis ini untuk mengatasi depresi.

Pertama, tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis (Matius 6:33; Yakobus 4:7). Kedua, serahkanlah tubuh Anda kepada Allah sebagai persembahan yang hidup (Roma 12:1). Ketiga, “Berubahlah oleh pembaruan budimu” (Roma 12:2). Keempat, serahkan diri Anda untuk perilaku yang baik. Kelima, carilah hubungan-hubungan yang bermakna. Keenam, atasi kehilangan Anda: kenali setiap kehilangan, bedakan kehilangan konkret dari kehilangan abstrak, bedakan kehilangan yang nyata dengan kehilangan yang dibayangkan atau mengancam, ubah kehilangan yang dibayangkan dan mengancam menjadi kehilangan yang nyata, fasilitasi proses berduka, hadapi realitas kehilangan, miliki perspektif  yang alkitabiah tentang kehilangan, lepaskan masa lalu.

 

Disadur dari: Menjadi Gereja Pembuat Murid
Penulis: Neil T. Anderson
Penerbit: Yayasan Gloria-Katalis
Info Buku: Menjadi Gereja Pembuat Murid (untuk pembelian sistem membership), Menjadi Gereja Pembuat Murid (untuk pembelian umum)