MENJADI GEREJA PEMBUAT MURID (BAGIAN 9)

grejabuatmuridMEMERDEKAKAN GEREJA ANDA

Kita tidak sedang kekurangan sumber daya untuk mengajarkan tentang cara memimpin, menginjili, memuridkan, dan menyembah. Permasalahannya tidak tampak jelas karena semua program dan strategi dapat terlihat alkitabiah. Tetapi kehidupan mulai tergelincir ketika kepercayaan dan kebergantungan pada program dan strategi. Mencari program yang lebih baik, atau mencoba meniru gereja atau pendeta lain yang “sukses” tidak akan membawa kehidupan baru pada gereja.

Saya sering bertanya-tanya, apakah kita sudah lebih menekankan hubungan pribadi dengan Tuhan dan mengabaikan hubungan bersama (korporat) dengan Tuhan. Di Perjanjian Lama, Tuhan berurusan dengan bangsa-bangsa. Di Perjanjian baru, surat-surat rasul Paulus terutama ditujukan kepada jemaat-jemaat. Demikian pula, ada tujuh jemaat di kitab Wahyu 2 dan 3, yang menjadi contoh untuk proses Memerdekaan Gereja Anda.

Langkah-Langkah Memerdekakan Gereja Anda

  1. Kekuatan-kekuatan kita: Minta Tuhan menyatakan di pikiran kita hal-hal yang sedang kita lakukan dengan benar
  2. Kelemahan-kelemahan kita: Setelah berdoa dan berdiam diri di hadapan Tuhan, ungkapkan apa saja yang dipercayai sebagai kelemahan-kelemahan.
  3. Kenangan-kenangan: Minta Tuhan nyatakan kenangan-kenangan yang manis dan bersyukur pada-Nya atas hal itu.
  4. Dosa-dosa bersama (korporat): Meliputi dosa “omission” (tidak melakukan yang seharusnya dilakukan) maupun dosa “commission” (melakukan yang tidak seharusnya dilakukan).
  5. Serangan-serangan rohani: Mengenali siapa musuh kita sebenarnya agar tidak saling menyerang diri sendiri dan satu sama lain (belajar dari surat-surat kepada tujuh jemaat di kitab Wahyu)
  6. Rencana tindakan doa: Menggabungkan semua yang sudah ditulis menjadi Rencana Tindakan Doa. (Contoh selengkapnya silakan baca buku Menjadi Gereja Pembuat Murid)
  7. Strategi Kepemimpinan: Meminta seluruh peserta membaca ulang Rencana Tindakan Doa, dan mendorong mereka untuk mendoakannya setiap hari selama empat puluh hari.

 

Disadur dari: Menjadi Gereja Pembuat Murid
Penulis: Neil T. Anderson
Penerbit: Yayasan Gloria-Katalis
Info Buku: Menjadi Gereja Pembuat Murid (untuk pembelian sistem membership), Menjadi Gereja Pembuat Murid (untuk pembelian umum)