free joomla templates

7 KARAKTERISTIK

Cetak

7 Karakteristik Materi dan Metode KAMBIUM

[K]emuliaan Tuhan sebagai pusat segala sesuatu.
KAMBIUM berpusat pada kemuliaan Tuhan di dalam segala sesuatu, dan rindu menyingkapkannya. Tema kemuliaan Tuhan ini meliputi:

• Kemuliaan Tuhan di semua bidang kehidupan
 Kemuliaan Tuhan di semua bangsa di dunia

[A]sasi, atau mendasar.
KAMBIUM dirancang untuk menjadi landasan yang kuat bagi pertumbuhan rohani semua orang. Sebagai bahan dasar, setiap materi dimaksudkan untuk diperdalam dan diperluas, baik pemahaman maupun penerapannya, setelah menyelesaikan seluruh rangkaian KAMBIUM.

[M]enyeluruh, mencakup seluruh bidang pertumbuhan.
KAMBIUM menolong orang untuk bertumbuh dalam segala hal ke arah Kristus (Ef 4:15), yaitu meliputi:

• 
pertumbuhan kerohanian (hubungan pribadi dengan Tuhan),
• pertumbuhan pengajaran (pengenalan akan Tuhan dan firman-Nya),
• pertumbuhan karakter (keserupaan dengan karakter Kristus), dan
• pertumbuhan pelayanan (panggilan dan pelayanan kepada Tuhan)

[B]erurutan dalam tahap-tahap pembinaannya.
KAMBIUM membangun dasar-dasar pertumbuhan seseorang secara bertahap hingga membentuk wawasan kristiani yang makin utuh. Tahap sebelumnya akan menjadi persiapan dan prasyarat bagi tahap selanjutnya. Materi sebelumnya menjadi anak tangga bagi materi berikutnya.
Tahap-tahap pembinaan ini mengikuti pola pelayanan Amanat Agung:

• penjangkauan dan penginjilan
• pembinaan dan pemerlengkapan
• pengutusan dan pelipatgandaan

[I]ntensif dalam penguatan pembelajarannya.
KAMBIUM menggunakan berbagai bentuk pertemuan dan penugasan untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran. Ada studi kelas, studi kelompok kecil, studi pribadi, proyek ketaatan, dll.
KAMBIUM adalah tentang proses pemuridan yang dilakukan secara intensional hingga terjadi perubahan pola pikir dan gaya hidup yang berjangka panjang. Selama pembinaan berjalan, peserta didorong dan dilatih untuk melakukan dan mengalami materi-materi pembelajaran serta mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan apa yang sudah dilakukan. Jika proses ini berlangsung terus maka akan membentuk kebiasaan pertumbuhan.

[U]ntuk dipakai dan diteruskan oleh semua orang.
KAMBIUM ditujukan untuk semua orang kristiani dalam semua tingkat kedewasaan rohani, bukan sekadar untuk suatu kelompok minat tertentu. Isi dan format materi dipilih dan disusun agar mudah dipahami, diingat, dan diteruskan tanpa mengurangi kedalamannya.

Media KAMBIUM Pembinaan Dasar



FORMAT 1 : PEMURIDAN MELALUI KOMUNITAS PERTUMBUHAN
 - Pertemuan 1 jam pengajaran di kelompok besar, diikuti 1 jam diskusi perenungan-perenungan di kelompok kecil.


 

 


Buku Peserta
 - Berisi catatan pengajaran kelompok besar dan bahan perenungan-penerapan dari masing-masing pelajaran. Khusus untuk modul Berbuah dalam Kristus dilengkapi dengan buklet Kuesioner Profil Pelayanan

Buku Renungan - Berisi artikel-artikel pendek yang mencakup seluruh pelajaran. Ditulis dalam bentuk renungan yang dapat digunakan sebagai panduan waktu teduh pribadi sepanjang minggu selama mengikuti kelas KAMBIUM, serta sebagai bahan diskusi yang mendorong penerapan dalam pertemuan kelompok kecil.






Buku Panduan Pembimbing
 - Berisi kiat-kiat dalam mempersiapkan dan menjalankan pembimbingan dalam kelompok kecil, serta langkah-langkah terperinci untuk memandu perenungan dan penerapan dalam setiap pertemuan kelompok.



Buku Panduan Pengajar - Berisi gambar peraga dari semua pelajaran dalam ukuran mini, serta kiat-kiat untuk mengajar kelompok besar. Dapat digunakan oleh pengajar untuk mencatat keterangan gambar peraga yang digunakan.






Paket CD interaktif 
- Berisi kombinasi video dan sarana peraga yang dikemas dalam tayangan interaktif untuk persiapan para pengajar dan pembimbing. Terdiri dari dua CD, yang pertama mencakup seluruh pelajaran Berakar, Bertumbuh dan Berbuah dalam Kristus.










FORMAT 2: PEMURIDAN MELALUI WAKTU TEDUH 
- Bahan waktu teduh harian secara pribadi, diikuti pertemuan kelompok untuk membahas penemuan, penerapan, dan pertanyaan.


Format ini sangat eksibel untuk digunakan karena pertemuannya dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Tidak memerlukan pengajar kelas karena semua materinya sudah tertulis dalam artikel renungan. Tidak memerlukan persiapan yang rumit karena peserta mempersiapkannya dalam waktu teduh pribadinya.

Buku Renungan – Berisi bahan-bahan perenungan yang disusun berdasarkan kurikulum KAMBIUM untuk panduan waktu teduh pribadi, disertai pertanyaan perenungan dan penerapan untuk dituliskan dalam jurnal dan dibagikan dalam pertemuan kelompok.



FORMAT 3: PEMURIDAN SEDERHANA UNTUK SEMUA
- Bahan pemuridan sederhana yang dapat digunakan oleh orang dengan rentang usia dan latar belakang yang lebih luas.



Format ini praktis untuk dibawa kemana-mana karena dapat digunakan tanpa peralatan elektronik. Ringkas, sederhana dan dilengkapi dengan gambar-gambar yang menunjang sehingga dapat digunakan untuk berbagai kalangan dan kelompok usia.



Buku Peserta
– Berisi garis besar tiap pelajaran dengan format satu halaman, bahan perenungan dan penerapan, serta bahan waktu teduh. Digunakan sebagai buku kerja peserta.



Panduan Pengajar
– Berisi gambar dan penjelasan tiap pelajaran dalam format dua sisi, memudahkan Anda dalam mengajar perorangan maupun kelompok kecil.




[M]elipatganda, menghasilkan murid Kristus yang dapat menjadikan orang lain murid Kristus.
KAMBIUM bertujuan menghasilkan murid Kristus yang dapat melipatgandakan diri, bukan menerima saja. Setiap orang percaya (bukan hanya lulusan sekolah teologia) yang sudah menyelesaikan KAMBIUM diharapkan dapat memulai dan menyelenggarakan KAMBIUM di mana pun mereka berada dan diutus. Untuk itu setelah mengikuti semua tahap KAMBIUM sebagai peserta, orang-orang didorong mengikuti untuk kedua kalinya sebagai pembimbing. Berbagai media dikembangkan untuk mendukung dan memudahkan proses transfer.

Joomla 2.5 templates free by FTS
Hak Cipta © 2012 Kambium. Semua hak dilindungi.
Grha Gloria Lt. 3, Jl. Faridan M. Noto 19 Kotabaru, Yogyakarta 55224, Indonesia.
Telp : (0274) 563627; Fax : (0274) 565257
Facebook KAMBIUM
RSS feed