Tentang KAMBIUM

logokambiumKAMBIUM (Komunitas Pertumbuhan Iman Untuk Menjadi Murid Kristus) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk menolong gereja, persekutuan, lembaga pelayanan, maupun perorangan untuk menanggapi panggilan Kristus untuk “menjadi dan menjadikan murid”. Lebih dari sekadar program, KAMBIUM adalah perwujudan dari filosofi pelayanan pemuridan yang didasarkan pada pola amanat agung Tuhan Yesus Kristus.

TUJUAN

KAMBIUM bertujuan meletakkan dasar-dasar pertumbuhan iman Kristen untuk menjadi murid Kristus dan menjadikan orang lain murid Kristus di mana pun dia berada dan diutus, di seluruh dunia.

Dalam mencapai tujuan ini, KAMBIUM dilaksanakan dalam tahap-tahap yang meliputi:

  1. Penjangkauan dan Penginjilan kepada orang-orang yang belum percaya untuk menghasilkan orang yang terbuka terhadap Injil dan petobat baru.
  2. Pembinaan dan Pemerlengkapan kepada petobat baru untuk menghasilkan murid yang bertumbuh dan melayani.
  3. Pengutusan dan Pelipatgandaan kepada murid yang bertumbuh dan melayani untuk menghasilkan murid yang bermisi dan melipatganda.

Dalam melaksanakan setiap tahap tersebut, KAMBIUM memegang prinsip-prinsip pelayanan:

  1. Semua orang perlu memahami berita Injil secara lengkap dan jelas.
  2. Setiap orang percaya perlu kebenaran-kebenaran Alkitab untuk mengarahkan dan menjaga mereka dalam bertumbuh seumur hidup.
  3. Setiap orang percaya mempunyai keterbebanan, kemampuan, dan kepribadian yang unik untuk membangun tubuh Kristus.
  4. Setiap orang percaya mempunyai suatu tugas pengutusan tertentu dalam mengemban misi Kristus bagi dunia.

VISI

Visi KAMBIUM adalah agar setiap orang di gereja/persekutuan/lembaga memiliki kesempatan untuk bertumbuh menjadi murid yang berbuah melalui pembinaan yang intensional berdasarkan pola pelayanan amanat agung Tuhan Yesus Kristus. KAMBIUM ingin menolong gereja untuk secara konsisten menjangkau orang-orang yang terhilang tanpa Kristus, memuridkan orang-orang yang sudah diselamatkan agar menjadi serupa Kristus, serta melipatgandakan pekerja bagi misi Kristus dan gereja-Nya di tengah dunia.

KAMBIUM merupakan sarana, sedangkan pertumbuhan seseorang menjadi pekerja yang berbuah banyak bagi kemuliaan Tuhan merupakan jiwa dari visi ini. Beban dan kerinduan kami adalah untuk melihat semakin banyak gereja yang sangat memerhatikan, mendorong, dan mengusahakan pertumbuhan rohani anggotanya. Semakin banyak gereja yang menghasilkan murid-murid dan pembuat-pembuat murid. Semakin banyak gereja yang menggunakan setiap kesempatan untuk menjangkau orang-orang terhilang. Kami meyakini bahwa hal ini adalah bagian dari solusi Tuhan bagi kondisi gereja masa kini, dan bagi dunia yang terhilang. Kami berharap dapat mengambil bagian bagi terwujudnya visi ini.

KAMBIUM adalah … Bukan sekedar …
Suatu gagasan yang didasarkan pada pola pelayanan dan amanat agung Tuhan Yesus 2000 tahun yang lalu. Suatu gagasan baru.
Filosofi pelayanan. Sebuah program pembinaan.
Intensional, secara sengaja mengarahkan dan memadukan untuk mencapai sasaran kualitas murid Kristus tertentu dalam setiap tahap. Sporadis, berharap akan membangun ‘sesuatu’ setelah mengikuti pembinaan ‘sekian lama’.
Perubahan pola pikir dan gaya hidup. Penambahan pengetahuan dan wawasan.
Komunitas pertumbuhan, dalam kelompok besar, kelompok kecil, dan hubungan pribadi-ke-pribadi. Kursus Alkitab.
Hubungan timbal balik dengan pembimbing dan rekan pertumbuhan dalam pertemuan yang berkesinambungan. Hubungan satu arah dengan pengajar dalam pertemuan yang terpisah-pisah.
Menghasilkan orang yang dapat ‘melipatgandakan’ pembinaan kepada orang lain. Mengumpulkan orang yang mau ‘mengonsumsi’ program pembinaan.